Jumat, Oktober 18, 2024
BerandaNasionalPangkostrad Resmikan Menlatpur Kostrad dan Pimpin Sertijab Danyon Satria Sandi Yudha

Pangkostrad Resmikan Menlatpur Kostrad dan Pimpin Sertijab Danyon Satria Sandi Yudha

PURWAKARTA, Cakrayudha-hankam.com – Kostrad kembali menorehkan sejarah baru dengan diresmikannya Resimen Latihan dan Pertempuran (Menlatpur) Kostrad yang akan bertugas sebagai garda terdepan dalam melatih dan mempersiapkan prajurit-prajurit TNI AD yang tangguh dan siap di medan pertempuran.

Upacara peresmian ini juga dirangkaikan dengan Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Batalyon (Danyon) Satria Sandi Yudha Kostrad, bertempat di Daerah Latihan Kostrad Jatiluhur, Purwakarta. Jawa Barat. Selasa (14/10/ 2024).

Peresmian Menlatpur Kostrad ini merupakan tindak lanjut dari Keputusan Kasad Nomor Kep/403/VII/2024, yang menetapkan pembentukan satuan baru di jajaran TNI AD.

Pembentukan Menlatpur Kostrad juga diproyeksikan sebagai embrio untuk membentuk prajurit-prajurit Kostrad yang jago perang, jago tembak, jago beladiri dan fisik yang prima sehingga menjadi Petarung Militan Penjaga Kedaulatan NKRI, hal ini sesuai dengan semboyan Kostrad, “Yudha Nirbaya Bhakti”.

Dalam sambutannya, Panglima Kostrad menyampaikan pesan penting kepada seluruh jajaran Menlatpur Kostrad untuk senantiasa menjaga kekompakan dan kesiapsiagaan operasional.

“Tugas yang kalian emban adalah kehormatan dan kepercayaan dari bangsa dan negara. Pelihara dan jaga kesiapan operasional satuan dengan penuh rasa tanggung-jawab,” ujarnya.

“Sementara itu, Komandan Menlatpur Kostrad, Kolonel Inf Rudianto, menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada Pangkostrad atas peresmian Menlatpur Kostrad. Kehadiran Menlatpur Kostrad ini menjadi bukti nyata dari komitmen dalam membentuk prajurit-prajurit Kostrad yang unggul dalam berbagai aspek, mulai dari kemampuan tempur, keahlian menembak, keterampilan bela diri, hingga kebugaran fisik yang luar biasa.

Dengan profesionalisme yang terjaga, para prajurit ini siap menghadapi tantangan kedepan dalam tugas Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP), baik di tingkat Nasional maupun Internasional.”

Selain itu, dalam acara Sertijab Danyon Satria Sandi Yudha Kostrad, Letkol Inf Edy Syahputra, S.H., M.IP., menyerahkan tampuk kepemimpinan kepada Mayor Inf Sudarmin, S.H. Panglima Kostrad memberikan apresiasi atas kinerja Letkol Inf Edy Syahputra selama masa kepemimpinannya, dan berharap Mayor Inf Sudarmin dapat membawa satuan ini ke tingkat yang lebih tinggi.

Dengan dua momentum penting ini, Kostrad semakin mengukuhkan perannya sebagai bagian vital dari kekuatan strategis TNI AD, yang senantiasa siap menjaga kedaulatan negara dalam setiap situasi dan kondisi.(Red)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments