Jumat, Oktober 18, 2024
BerandaNasionalLanud Pattimura Gelar Upacara 17-an Bulan Oktober 2024

Lanud Pattimura Gelar Upacara 17-an Bulan Oktober 2024

AMBON, Cakrayudha-hankam.com – Komandan Lanud Pattimura Kolonel Pnb Jhonson Henrico Simatupang, M.Han., yang diwakili oleh Kepala Dinas Logistik Letkol Kal Agung Prahardanto, S.T. menjadi Inspektur Upacara Bendera 17-an bulan Oktober 2024, bertempat di Lapangan Mako Lanud Pattimura Ambon. Kamis, (17/10/2024).

Dalam upacara tersebut, Irup membacakan amanat Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si. menyampaikan bahwa di bulan Oktober tahun 2024 ini bertepatan dengan bulan bersejarah, dimana di bulan Oktober diperingati Hari Ulang Tahun Ke-79 TNI yang jatuh pada tanggal 5 Oktkber 2024.

Kehadiran ratusan ribu warga masyarakat secara sukarela pada acara tersebut membuktikan begitu kuatnya hubungan historis dan emosional antara TNI dengan rakyat. Karena rakyat adalah ibu kandung TNI, dan jati diri TNI sebagai Tentara Rakyat tidak akan pernah berubah.

Panglima TNI mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh personel yang terlibat pada peringatan HUT TNI ke 79 TNI, baik sebagai bagian dari kepanitiaan maupun sebagai peserta upacara dan pendukung dimanapun berada.Disampaikan juga bahwa dalam waktu dekat akan memiliki dua agenda politik nasional yang sangat menentukan kewibawaan pemerintah dan keberlanjutan pembangunan, yakni yang pertama pada tanggal 20 Oktober ini akan ada pelantikan Presiden dan Wakil Presiden.

Kedua, pada bulan November akan dilaksanakan pemilihan kepala daerah serentak di 37 Provinsi dan 508 Kabupaten/Kota. Untuk, diingatkan agar TNI harus Netral. Komitmen netralitas TNI merupakan wujud nyata bahwa TNI tidak ingin kembali ke ranah politik praktis.

Namun, tugas TNI dalam pilkada serentak harus dimengerti san dipahami oleh seluruh prajurit yaitu, membentuk pemerintah dalam penyelenggaraan pilkada serentak dan membantu Polri dalam pengamanan setiap tahapannya.

Kemudian dalam rangka menindaklanjuti adanya informasi dan perkembangan situasi beberapa daerah yang berpotensi memiliki kerawanan menjelang Pilkada serentak, saya ingatkan agar selalu melakukan pemetaan potensi kerawanan di wilayah masing-masing, lakukan mitigasi atas potensi ancaman kerawanan tersebut, jalin komunikasi dengan semua tokoh masyarakat, perkuat sinergitas TNI Polri dan instansi atau organisasi lainnya serta susun rencana kontinjensi pengamanan logistik Pilkada dihadapkan pada potensi bencana alam.

Diakhir amanat ini, diyakini bahwa dengan upaya upaya tersebut TNI dapat menjalankan tugas dan fungsinya secara profesional dan bermartabat. Tingkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral pengabdian kepada bangsa dan negara.

Upacara tersebut berlangsung khidmat dengan diikuti oleh seluruh personel Lanud Pattimura, baik Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil.(Red)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments