Jumat, Oktober 18, 2024
BerandaNasionalSosialisasi P4GN di Lanud El Tari: Komitmen TNI AU dalam Pemberantasan Narkoba

Sosialisasi P4GN di Lanud El Tari: Komitmen TNI AU dalam Pemberantasan Narkoba

KUPANG, Cakrayudha-hankam.com – TNI AU. Tim kampanye Satgas Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) TNI AU menggelar sosialisasi di Hanggar Kayu Lanud El Tari Kupang, Selasa (15/10/2024). Acara sosialisasi ini bertujuan memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai bahaya narkoba serta memperkuat pentingnya peran aktif TNI AU dalam memerangi peredaran narkoba di lingkungan militer dan masyarakat umum.

Komandan Lanud El Tari, Marsma TNI Djoko Hadipurwanto, S.E., M.M., yang diwakili Kepala Dinas Potensi Dirgantara Lanud El Tari Kolonel Pom Subi Totok dalam sambutannya merasa bangga dengan kehadiran tim P4GN TNI AU di Lanud El Tari, sebagai bagian dari upaya besar TNI Angkatan Udara dalam mendukung program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba, yang menjadi perhatian serius bagi bangsa dan negara.

“Saya berharap, melalui kegiatan sosialisasi ini, akan terbangun kesadaran dan kepedulian yang lebih tinggi di kalangan personel Lanud El Tari tentang bahaya narkoba, serta pentingnya keterlibatan kita semua dalam mendukung program P4GN TNI AU ini.

Tidak hanya untuk kepentingan pribadi, tetapi juga demi menjaga kehormatan dan kedisiplinan sebagai prajurit TNI AU,” kata Danlanud El Tari.

Sementara itu, Katim Kampanye Satgas P4GN TNI AU Direktur Personel Puspomau Kolonel Pom Agus Suhandi yang membacakan sambutan Komandan Puspomau selaku Komandan Satgas P4GN TNI AU Marsma TNI Pipik Krispiarto mengatakan bahwa dibentuknya Satgas ini bukan hanya program rutin, namun harus bisa memberikan bukti nyata terkait apa yang dilakukan dan output yang dihasilkan dan sebagai bentuk pertanggungjawaban akan dilaporkan kepada Kepala Staf Angkatan Udara.

“Satgas ini dibentuk pada tahun 2021, dan sejak itu Satgas P4GN TNI AU menjadi salah satu satuan bentukan yang sampai saat dipandang paling efektif melaksanakan berbagai kegiatan preventif.

Hal ini dapat terlihat dengan adanya tolok ukur menurunnya kasus narkoba di lingkungan TNI AU pada tiap tahunnya,” kata Danpuspomau.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, disampaikan materi P4GN dari aspek hukum yang disampaikan Kasubdisdargakum Diskumau Kolonel Kum Dedy Eka Putra, S.H., M.H., dan P4GN dari aspek kesehatan yang disampaikan Kabag Disorientasi Aerofisiologi Lakespra dr. Suryanto Letkol Kes Jamas Rahadi, S.Kep., M.M. Para peserta mendapatkan penjelasan komprehensif, mengenai jenis-jenis narkoba, efek negatif bagi kesehatan, serta sanksi hukum yang berlaku bagi pengguna dan pengedar narkoba.

Selain itu, disampaikan juga mengenai langkah-langkah preventif yang bisa diambil oleh personel TNI AU dalam mendeteksi dini adanya indikasi penyalahgunaan narkoba di lingkungan kerja dan keluarga.

Sebelum acara sosialisasi dimulai, tim P4GN TNI AU melaksanakan tes urin bagi seluruh peserta, sebagai bentuk transparansi dan keseriusan dalam memberantas penyalahgunaan narkoba.

Serta tim P4GN TNI AU memberikan jaket P4GN kepada para pejabat utama Lanud El Tari sebagai wujud komitmen bersama dalam menjaga satuan yang bebas dari narkoba.

Hadir saat sosialisasi tersebut, para Kepala Dinas Lanud El Tari, Dantimidik Satkrining Puspomau Letkol Pom Moh. Dasuki, Kabagbinprof Setdisbintalidau Letkol Sus Mulyadi, S.Ag., Kabagbinprof Setdispenau Letkol Sus Hamdi Londong Allo, S.S., Dansatrad 226 Buraen Letkol Lek Dhani Iskandar, dan seluruh anggota Lanud El Tari, Satrad 226 Buraen, serta Kipan C Yonko 466 Kopasgat.(Red)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments