Minta Pasokan Serum dan Vaksin Antirabies, Viktor Laiskodat Telepon Menkes

Nusa Tenggara Timur,(Cakrayudha-hankam.com) – Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor B Laiskodat mengunjungi Desa Fenun di Kecamatan Amanatun Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Kamis (1/6). Dia melihat secara langsung penanganan terhadap rabies di desa itu.

Dalam kunjungannya, selain bertemu masyarakat Desa Fenun, Viktor Laiskodat juga menyempatkan diri menelepon Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, untuk meminta serum dan vaksin anti rabies (VAR).

“Pak Menteri saya minta tolong, saya ada di daerah yang rabies. Namanya Timor Tengah Selatan. Saya butuh itu, apa namanya, serum karena ada yang digigit di muka tidak bisa pakai vaksin biasa harus pake serum,” katanya kepada Menkes.

Dalam pembicaraannya dengan Menkes, Viktor jufa meminta 10.000 dosis VAR untuk bisa menangani para korban yang telah terinfeksi rabies. “Buat manusia, buat manusia, anjingnya buat makan aja,” ujarnya.

“Di Timor Tengah Selatan kalau bisa kirim sepuluh ribu begitu supaya kita bisa menangani langsung di sini, terima kasih Pak Menteri,” ucap Viktor Laiskodat.

Sebelumnya, ketersediaan vaksin antirabies (VAR) untuk penanganan rabies di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT) saat ini kosong. Namun untuk penanganan darurat, Dirjen Kesehatan Hewan Kementerian Kesehatan bakal mengirim 2.500 dosis.

“Memang saat ini stoknya kosong namun untuk bantuan darurat, kemarin saya sudah telepon ke Dirjen Kesehatan Hewan jadi ada kirim 2.500 dosis khusus wilayah TTS dan akan tiba hari ini,” Kata Kepala Bidang Keswan dan Kesmavet Dinas Peternakan NTT Melky Angsar, Jumat (01/06/23).

Populasi anjing di Kabupaten TTS diperkirakan sekitar 60 ribu ekor dan tersebar di 240 desa atau kelurahan. “Sudah ada upaya untuk memesan 15.000 dosis vaksin untuk wilayah NTT namun diperkirakan akan tiba pada Agustus 2023,” jelas Melki Angsar.(Red)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansSuka
12PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles