Jumat, Oktober 18, 2024
BerandaPendidikanGotong Royong Kunci Transformasi dan Pemulihan Pembelajaran

Gotong Royong Kunci Transformasi dan Pemulihan Pembelajaran

JAKARTA, Cakrayudha-hankam.com – Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Gelar Aksi Nyata Pemulihan Pembelajaran, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan gelar wicara dengan tajuk Gotong Royong dalam Pemulihan Pembelajaran. Gelar wicara yang sekaligus diselenggarakan dalam rangka penguatan literasi dan numerasi untuk mendukung terwujudnya transformasi pembelajaran pasca pandemi Covid-19 ini menghadirkan M. Ari Widowati (Head of Learning Environment Tanoto Foundation), Susi Sukaesih (Founder Sidina Community), Suparmin (Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara), Budi Suhardiman (Kepala SMPN 6 Garut).

Semangat gotong royong yang telah menyatukan pendidik, orang tua, komunitas, pemerintah, dan sektor swasta dalam upaya menciptakan proses pembelajaran yang inklusif dan berkualitas. Melalui kolaborasi, inisiatif-inisiatif lokal telah berhasil menunjukkan berbagai pendekatan berbasis gotong royong yang mampu menghasilkan jalan keluar dalam mengatasi tantangan pendidikan pasca-pandemi.

Direktur Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus (PMPK), Baharudin, mengungkapkan bahwa gelar wicara ini sekaligus merupakan upaya untuk mengapresiasi semangat dan gotong-royong yang telah menyatukan pendidik, orang tua, komunitas, pemerintah, dan sektor swasta dalam upaya menciptakan proses pembelajaran yang inklusif dan berkualitas.

“Inisiatif-inisiatif lokal telah berhasil menunjukkan berbagai pendekatan berbasis semangat gotong royong yang mampu menghasilkan solusi kreatif dalam mengatasi tantangan pendidikan pasca-pandemi,” kata Baharudin.

Ia juga mengatakan, dari berbagai inisiatif tersebut bermunculan berbagai cerita praktik baik, yang harus dibagikan ke publik secara luas. “Praktik-praktik baik ini harus disebarkan agar semangat bergotong royong kita terus tumbuh,” tandasnya pada awak media mengakhiri perbincangan.(Red)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments