Jumat, Oktober 18, 2024
BerandaTNI/POLRILanal Bandung Laksanakan Uji Terampil Glagaspur Tingkat P1 dan P2 TA 2024

Lanal Bandung Laksanakan Uji Terampil Glagaspur Tingkat P1 dan P2 TA 2024

BANDUNG, (Cakrayudha-hankam.com) – Dalam rangka meningkatkan profesionalisme dan kesiapsiagaan satuan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal), prajurit Lanal Bandung melaksanakan Uji Terampil Gladi Tugas Tempur Pangkalan (Glagaspur) Tingkat 1/P1 dan Tingkat 2/P2 tahun anggaran (TA) 2024 yang diikuti seluruh prajurit Lanal Bandung, pada Kamis (17/10/2024).

Uji Terampil Glagaspur P1 dan P2 di Lanal Bandung ini, dilaksanakan selama dua hari, mulai tanggal 17 hingga 18 Oktober 2024. Tujuannya, yakni untuk mengetahui dan mengukur sejauh mana kemampuan dan kesiapan pangkalan dalam menghadapi ancaman, gangguan, dan serangan pihak lawan atau musuh, serta untuk meningkatkan profesionalisme individu atau beregu anggota TNI AL, khususnya Lanal Bandung.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Bandung, Kolonel Laut (P) Muhammad Taufik, M.Tr.Hanla., M.M., bertempat di Ruang Rapat Mako Lanal Bandung, dan dihadiri oleh Letkol Marinir Dodik Eko Siswanto sebagai Wakatim Kolat Koarmada I, perwira staf Lanal Bandung, serta Tim Uji Terampil Glagaspur Tingkat P1 dan P2 Kolat Koarmada I.

Materi-materi Uji Terampil Glagaspur Tingkat P1 dan P2 antara lain pengecekan software, tes tulis, PDD Khas TNI AL, tali temali dan peluit, isyarat, bongkar pasang senjata, PBB, upacara pemakaman, PHH, Hanlan, PEK dan evakuasi medis, menembak, serta renang militer.

Dalam sambutannya, Danlanal Bandung Kolonel Laut (P) Muhammad Taufik menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim Uji Petik Kolat Koarmada I yang telah berkenan hadir di Mako Lanal Bandung. Ia menegaskan bahwa kegiatan Uji Petik di lingkungan TNI AL merupakan rangkaian fungsi pembinaan, pengawasan, dan pengendalian, serta tindakan preventif dalam rangka mengantisipasi kemungkinan penurunan kinerja prajurit.

Lebih lanjut, sambutan Pangkoarmada I yang dibacakan Wakatim Kolat Koarmada I menyampaikan, bahwa Gladi Tugas Tempur Pangkalan bertujuan untuk mendapatkan keserasian antara kesiapan teknis, kesiapan personel, dan perangkat lunak, sebagai sarana pengecekan kesiapan Pangkalan dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

Kegiatan Uji Terampil Glagaspur Pangkalan Tingkat-I/P1 dan Tingkat-II/P2 ini bertujuan untuk melatih keterpaduan komando, kendali, komunikasi antar personel, dan kerjasama taktis di lapangan, serta untuk meningkatkan keterampilan perorangan maupun kelompok dalam satu satuan tugas operasi.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Danlanal Bandung menekankan pentingnya meningkatkan profesionalisme, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dimiliki, serta melaksanakan Uji Terampil Glagaspur dengan penuh semangat dan tanggung jawab. “Utamakan Zero Accident dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan,” tutupnya. (Red-050)

 

Sumber: tnial.mil.id

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments