Asah dan Tingkatkan Profesionalisme Prajurit, Kodim 0830/Surabaya Gelar Latihan Menembak

Surabaya, cakrayudha-hankam.com
-Kemampuan menembak adalah salah satu kemampuan mutlak yang harus dimiliki oleh seorang prajurit, untuk mampu menguasai kemampuan ini tentunya dibutuhkan latihan secara terarah, bertingkat dan berlanjut.

Terkait hal tersebut Kodim 0830/Surabaya Utara melalui program Binlat Bidang Operasi yang sudah ditentukan dalam kalender latihan, kembali menggelar latihan menembak senjata ringan (Latbakjatri) Triwulan II tahun 2022 bertempat di Lapangan Tembak Yonif 500/Raider berlokasi di Jl. Gajah Mada No.1, Rabu (22/06/22).

Dalam kesempatan itu Komandan Latihan (Danlat) Mayor Inf Sugiharto mengatakan hal yang paling utama dalam Latihan Menembak Senjata Ringan ini adalah faktor keamanan, oleh karenanya sebaik apapun hasil sebuah latihan tidak akan berarti jika terjadi cidera ataupun hal-hal yang tidak diinginkan, namun sebaliknya jika latihan berjalan dengan aman dan lancar maka itu adalah sebuah indikator keberhasilan latihan.

“Untuk itu kami selaku penyelenggara Latbakjatri tidak bosan-bosannya menekankan kepada seluruh prajurit yang saat ini sebagai peserta latihan, agar bersikap disiplin dengan mematuhi segala instruksi dari petugas yang sudah ditunjuk oleh Koordinator. Patuhi segala mekanisme latihan sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) yang sudah ditentukan agar kegiatan dapat berjalan dengan aman dan lancar,” ucapnya.

Sebelum Latbakjatri dimulai, para peserta kembali diingatkan dengan teori dasar menembak hal ini dilakukan untuk menyegarkan kembali mengenai teknik menembak yang benar.

“Dengan adanya pemahaman yang baik tentang ilmu dasar menembak, diantaranya sinkronisasi dari pengaturan nafas, teknik bidik yang benar, teknik menekan picu dan pegangan teguh. Dengan pemahaman dasar ini, diharapkan  mampu mengaplikasikanya dalam latihan sehingga sasaran ataupun tujuan latihan dapat dicapai sesuai yang diharapkan satuan,” tutur Sugiharto.

” Latihan menembak senjata ringan terdiri dari latihan menembak senapan SS1 V1 dan latihan menembak pistol P1, dalam latihan ini prajurit dituntut mampu mencapai hasil yang sudah ditentukan,” terangnya.

Masih kata Danlat Mayor Inf.Sugiarto sebagai acuan ,” dalam melaksanakan program satuan harus dilaksanakan dengan ikhlas, kami berharap laksanakan kegiatan latihan menembak ini dengan penuh rasa tanggung jawab, ikuti prosedur yang ada dan jaga faktor keamanan ,” tutupnya.

Latihan ini diikuti oleh 80 orang Personel yang terdiri dari tingkat Perwira, Bintara, dan Tamtama, diakhir kegiatan dilakukan evaluasi selama berjalannya latihan mulai dari tahap persiapan sampai dengan pengakhiran.

Hadir dalam kegiatan tersebut Danlat Mayor Inf.Sugiarto para Perwira Staf Kodim 0830/SU, Danramil jajaran Kodim 0830/SU, kegiatan dimulai pukul 07.50 wib latihan di awali dengan menembak P 1, lantas di lanjut latihan menembak senjata ringan di mulai, pada pukul 09.30 wib kegiatan selesai dan selama kegiatan berjalan aman dan lancar.@ red .

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansSuka
12PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles