Peduli Kesehatan, MPC Kota Malang Peringati Hari Lahir Pancasila Gelar Donor Darah

 

Kota Malang,cakrayudha-hankam.com – Peduli akan kemanusiaan dalam moment memperingati hari lahirnya Pancasila yang jatuh tepat 1 Juni 2022, merupakan kecintaan pada bangsa dan negara dengan semangat jiwa kebangsaan, Kader Jajaran MPC Pemuda Pancasila Kota Malang menggelar baksos donor darah, bertempat di Taman Singha Merjosari, Jl. Mertojoyo Selatan Blk. B No.20, Merjosari, Kec. Lowokwaru, Rabu , 1 Juni 2022. Kegiatan tersebut bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI), dan Polresta Malang Kota. Termasuk peran serta MJ Tour and Travel sebagai sponsorship.

Ketua MPC Pemuda Pancasila Kota Malang H.Agus Sunar Dewabrata,SH, menyampaikan , Kegiatan donor darah yang diselenggarakan PP Kota Malang merupakan bentuk kepedulian untuk semua. Dengan adanya agenda donor darah tentu memberi manfaat kesehatan untuk diri sendiri maupun orang lain, yaang berdampak positif.

“Dalam peringatan hari lahirnya Pancasila (1/6) kali ini , kami menyelenggarakan Donor Darah, tentunya kalau kita bicara donor darah wujud kepedulian punya manfaat bagi kesehatan diri kita sendiri maupun orang lain. Minimal kita memberi banyak harapan untuk orang yang membutuhkan darah, “pungkas Kaji Nanang 0anggilan akrabnya.

Sebelum menjadi calon pendonor peserta dengan tertib mengikuti prosedur awal yakni pendaftaran. Kemudian secara berurutan peserta calon donor darah menjalani beberapa pemeriksaan kesehatan, menjalani pengecekan kadar hemoglobin (Hb) dan tekanan darah. Protokol kesehatan pun masih diterapkan dalam pelaksanaan donor darah kali ini.

Petugas donor darah dengan tertib menggunakan alat pelindung diri (APD) selama proses donor darah berlangsung. Tiap pendonor harus memenuhi kriteria persyaratan seperti, sehat jasmani dan rohani, memiliki tekanan darah dalam batas tekanan sistolik 100-170 mmHg dan diastolik 70-100 mmHg, dan memiliki kadar Hb normal, yaitu 12,5-17,0 g%.

Kaji Nanang mengatakan ,” kedepannya tidak hanya Donor Darah , namun PP Kota Malang dalam waktu dekat ini akan melaksanakan berbagai agenda. Pelaksanaan vaksinasi tahap III Boster salah satunya. Tentu nanti akan melibatkan beberapa pihak dalam pelaksanaannya,” ujarnya.

Masih kata Kaji Nanang ,” setelah ini, dalam waktu dekat akan ada agenda vaksinasi tahap III Boster, terkait pelaksanaannya masih dilakukan koordinasi termasuk jumlah kuota. Tentu akan melibatkan berbagai pihak,” urainya.

Pria yang hobi bela diri ini , berharap kedepan PP Kota Malang tetap solid dan kompak. Hal utama terus-menerus membangun image positif di masyarakat, menjalin sinergi dengan baik dengan semua lini khususnya jajaran Forkopimda Kota Malang.

Sementara itu salah satu peserta calon pendonor yang tidak lolos Ayu menyampaikan ,” saat menjalani test kesehatan dirinya tidak lolos disebabkan kadar HB tidak normal , yakni hanya 12,3 ,” kata Ayu.

“Hari ini setelah pengecekan kesehatan , saya dinyatakan tidak lolos mas, karena kadar HB tidak normal hanya 12.3 dari ketentuan yakni 12,5. Memang saya akui kurang konsumsi sayuran,” tutupnya.

Kegiatan Donor Darah MPC Pemuda Pancasila Kota Malang diikuti sekitar kurang lebih 90 peserta, dengan rincian yang lolos mengikuti donor darah sejumlah 75 dan lainnya dinyatakan belum lolos. Dalam beberapa penyelenggaraannya, peserta donor darah mendapatkan fasilitas makan gratis , snack , dan 200 minyak goreng untuk peserta pertama.

Kegiatan ini semoga bisa menjadi rutinitas karena asas manfaat dan nilai manfaat sangat besar, donor menjadi tambah sehat karena sirkulasi darah bisa lancar dan sel – sel dalam tubuh memproduksi darah baru lagi.@ red/Christ.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansSuka
12PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles