Tiga Perwira TNI AL Harumkan Indonesia di United Nations Office at Geneva

JAKARTA, (Cakrayudha-hankam.com) – Tiga perwira menengah (Pamen) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) kembali mengharumkan nama Indonesia di forum Internasional. Ketiganya memperoleh penghargaan “Commemorative Medal of Peace” pada kegiatan “Blue Helmets Day 2024” di United Nations Office at Geneva (UNOG), Swiss, yang berlangsung mulai tanggal 28 Mei hingga 4 Juni 2024.

Perwakilan Pamen TNI-AL yang terpilih itu, masing-masing Kolonel Laut (P) Ario Sasongko, Kolonel Laut (S) Ferry Mulyadi, dan Kolonel Marinir Arief Rahman Hakim. Ketiga Pamen TNI AL tersebut merupakan bagian dari delegasi TNI di bawah pimpinan Ketua Delegasi Brigjen TNI Edwin Adrian Sumanta.

Anggota delegasi lainnya, adalah Kolonel Adm Tri Ambar Nugroho dari TNI AU dan Kombes Pol Aswin Azhar Siregar dari Polri. Keduanya turut mendapatkan penghargaan serupa.

Peristiwa penerimaan penghargaan itu, merupakan hal yang membanggakan bagi Bangsa Indonesia, khususnya TNI AL. Ini merupakan kali pertamanya Indonesia mendapatkan penghargaan langsung di United Nations Office at Geneva (UNOG).

Penghargaan tersebut diberikan, karena para Pamen TNI AL itu telah menyelesaikan sesi akademik dengan hasil memuaskan di Universal Institute of Professional Management (UIPM) yang merupakan afiliasi dari UN-ECOSOC dan UNA-USA periode tahun 2023-2024.

Mereka berperan secara aktif dan bekerja sama secara berkelanjutan dengan badan-badan di bawah naungan Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) lainnya, seperti UN-ECOSOC, UNESCO dan UNA-USA, serta melakukan berbagai misi perdamaian dunia, kegiatan kemanusiaan, dan memiliki andil besar di dalam bidang pendidikan.

Kegiatan yang bertajuk “Blue Helmets Day 2024” itu, diselenggarakan secara rutin setiap tahunnya oleh organisasi Soldiers of Peace International Association (SPIA) yang bermarkas di Lyon, Perancis.

SPIA merupakan satu-satunya organisasi non-pemerintah (NGO) yang mendapat kepercayaan dari PBB untuk mengadakan kegiatan ini.

Kegiatan ini merupakan bentuk diplomasi secara tidak langsung yang dilakukan oleh TNI-Polri, dan Indonesia telah mampu menunjukkan komitmennya untuk selalu aktif dalam upaya turut serta menjaga perdamaian dunia.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali sangat mengapresiasi atas pencapaian prestasi yang gemilang terutama di kancah internasional.

Kasal menekankan kepada seluruh prajurit Jalasena untuk terus mengasah kemampuan yang dimiliki dan memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diamanahkan, serta menjaga dan mengharumkan nama baik TNI, TNI AL, dan bangsa Indonesia di dunia internasional. (Dispen AL)

 

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansSuka
12PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles