Terjawab Saka Tatal Siapa,Update Perkembangan Kasus Vina Cirebon Terbaru Hari Ini dan Kronologi

Cirebon,(Cakrayudha-hankam.com) – Inilah update perkembangan kasus Vina Cirebon terbaru hari ini, Saka Tatal siapa dan kronologi kasus Vina.

Ulasan seputar perkembangan kasus Vina Cirebon terbaru hari ini, Saka Tatal siapa dan kronologi kasus Vina masih terus menjadi sorotan.

Terlebih saat polisi berhasil menangkap satu tersangka yang diduga otak dari pembunuhan Vina dan kekasihnya, Eky.

Sebelumnya, Vina dan Eki ditemukan tewas pada Sabtu 27 Agustus 2016 malam di flyover Talun, Cirebon, Jawa Barat.

Awalnya, remaja pasangam kekasih ini sempat dikabarkan meninggal dunia akibat kecelakaan.

Namun, setelah keluarga korban melaporkan ada kejanggalan, akhirnya terungkap jika Vina dan Eki tewas dibunuh oleh gerombolan geng motor.

Saat ini, 8 pelaku telah divonis bersalah oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Cirebon.

Tujuh diantaranya divonis hukuman seumur hidup, sedangkan seorang pelau atasnama Saka Tatal divonis 8 tahun 3 bulan penjara.

Namun, Saka Tatal sudah bebas sejak tahun 2020 lalu karena mendapatkan remisi.

Sementara itu, Pegi Setiawan yang merupakan DPO kasus pembunuhan Vina Cirebon saat ini masih menjalani pemeriksaan oleh aparat kepolisian Polda Jabar.

Disisi lain, ada fakta menarik dari persidangan kasus pembunuhan Vina dan Eki yang terjadi 8 tahun silam.

Rupa-rupanya, korban Vina Dewi Arsita alias Vina Cirebon belum meninggal dunia saat dibuang para pelaku ke flyover Talun, Cirebon.

Mengutip Putusan Mahkamah Agung dengan nomor 3/Pid.B/2017/PN Cbn, pada halaman 144 menyatakan, jika korban Vina masih hidup saat ditinggalkan oleh para pelaku usai dianiaya. Namun, kondisi tubuhnya saat itu cukup tragis.

Saat itu, Vina Cirebon dalam kondisi sekarat merintih kesakitan dengan kondisi darah mengalir dari tubuhnya serta kakinya patah.

Berikut ini isi putusan yang tertulis di halaman 144:
“Menimbang, Bahwa kondisi anak korban Vina saat ditinggalkan di tanjakan jembatan layang Tol Desa Kepongpongan kabupaten Cirebon (flyover Talun) belum meninggal dalam kondisi sekarat dan hanya bisa merintih kesakitan dengan darah mengalir dari lubang kemaluannya dan dari kaki kanannya yang mengalami patah tulang terbuka”

Kuasa hukum keluarga Vina Cirebon, Putri Maya Rumanti mengungkap, kematian korban memang awalnya diduga akibat kecelakaan.

Saat itu, ayah korban Muhammad Rizky alias Eky, Iptu Rudiana mendapatkan informasi ada yang janggal dengan kematian putranya dan Vina Cirebon.

Hingga akhirnya, Itu Rudiana melaporkan peristiwa pembunuhan itu kepada pihak kepolisian.

Adapun bukti-bukti itu kata Putri diantaranya berupa ponsel yang tidak hilang, motor yang ditunggangi Vina dan Eky tidak dalam kondisi rusak serta insiden kerasukan yang dialami Linda.

Pasalnya saat awal mula kejadian itu terdapat pernyataan yang mengatakan bahwa Vina dan Eky tewas akibat mengalami kecelakaan.

“Kan awalnya karena kecelakaan tetapi ketika ada bukti baru terhadap alat bukti HP tidak rusak motor tidak rusak kemudian kesurupan itu kan petunjuk lalu di dalami,” kata Putri saat ditemui di kantor Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (27/5/2024).

“Kemudian dilakukanlah otopsi terhadap tubuh almarhumah Vina. Hasil otopsi tadi itu yang meyakinkan bahwa Vina bukan meninggal karena kecelakaan,” sambungnya.

Setelah mendapat bukti-bukti tersebut barulah kata Putri, Iptu Rudiana berdasarkan keterangan keluarga melaporkan hal itu ke Polres Cirebon.

“Iya (Ayah Eky Iptu Rudiana yang melapor) atas keterangan keluarga Vina mendapat bukti bukti baru. (Lapor) ke Polres Cirebon,” pungkasnya.

Rekayasa kematian
Namun sebelum kasus pembunuhan terbongkar,ayah Vina, Wasnadi, mendapatkan kabar bahwa putrinya masuk rumah sakit dalam kondisi sudah tak bernyawa.

Dari laporan awal, disebutkan Vina mengalami kecelakaan tunggal saat mengendarai sepeda motor berboncengan dengan Eki.

Vina dan Eki dilaporkan menabrak tiang listrik dan trotoar di jembatan flyover yang berada di lajur arah Majasem, Kota Cirebon, menuju Sumber Kabupaten Cirebon.

Tim medis menyebut luka yang dialami Vina sangat parah.

Vina mengalami luka parah di bagian kepala, tubuh dan kaki.

Namun setelah beberapa hari, Wasnadi mendapat informasi baru bahwa tewas akibat kebrutalan geng motor.

Kasus itu terbongkar berdasarkan kecurigaan pihak keluarga dan juga petugas kepolisian dari luka di sekujur tubuh Vina yang sangat parah.

Biodata Vina Cirebon
Vina memiliki nama asli Vina Dewi Arsita lahir pada 16 Januari 2000 di Cirebon, Jawa Barat.

Vina meninggal dunia saat usianya masih remaja, tepatnya 16 tahu, dan pada tahun 2024, Vina seharusnya sudah berusia 24 tahun.

Delapan tahun silam, Vina menjalin kasih dengan seorang remaja laki-laki bernama Eki.

Diduga jalinan kasih Vina dan Eki tidak disenangi oleh Pegi atau Egi yang disebut-sebut sebagai dalang pembunuhan.

Pasalnya, Egi yang merupakan teman Eki merasa marah karena cintanya ditolak oleh Vina.

Egi yang menyimpan dendam, lalu bersama geng motornya nekat memperkosa Vina secara bergilir, lalu membunuhnya di hadapan Eki. Setelah itu, kawanan geng motor itu juga membunuh Eki.

Gadis remaja itu meninggalkan ibu bernama Sukaesih dan ayah bernama Wasnadi serta seorang kakak perempuan bernama Maliyana.

Ibu, ayah, dan kakak dari Vina hingga kini masih mencari keadilan atas kasus pembunuhan kejam itu.

Biodata Eki Cirebon
Sementara itu, Eki sang kekasih memiliki nama asli Muhammad Rizky Rudian.

Tidak banyak yang bisa diketahui dari sosok Eki, namun menurut keterangan dari Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Jules Abraham Abast, S.I.K, kekasih Vina itu merupakan anak dari salah satu anggota kepolisian.

Hal tersebut diungkap setelah simpang siur informasi di masyarakat yang menyebut salah satu pelaku buron adalah anak dari anggota kepolisian.

“Korban Sdr. Eki adalah anak dari anggota Kepolisian, serta pelaku bukan dari keluarga Kepolisian.” ujar Jules pada Selasa (14/5/2024) dikutip dari Instagram resmi @humaspoldajabar, seperti dilansir Tribunpriangan.com di artikel berjudul Biodata Lengkap Vina dan Eky Korban Pembunuhan Berencana di Cirebon yang Viral Difilmkan.

Eki juga turut menjadi korban kekejaman pelaku, dia dipaksa menyaksikan kekasihnya dibunuh, setelah itu nyawanya juga direnggut paksa.

Sosok Saka Tatal
Pengakuan Saka Tatal soal kasus Vina Cirebon, terungkap polisi sempat memperlihatkan 3 foto wajah DPO.

Diketahui, 3 DPO kasus Vina Cirebon sebelumnya yang fotonya diperlihatkan polisi ke Saka Tatal yaitu Andi, Dani, dan Pegi.

Kata Saka Tatal, wajah Pegi DPO di foto yang ditunjukkan polisi saat itu berbeda dengan wajah Pegi Setiawan yang sekarang ditangkapkan.

Ya, Saka Tatal mengaku sempat didatangi polisi sebelum proses penangkapan Pegi Setiawan.

“Ya, sebelum ada penangkapan Pegi Setiawan, ada polisi datang ke rumah.”

“Waktunya hari Sabtu, dua minggu lalu atau beberapa hari setelah film Vina tayang di bioskop,” paparnya, Sabtu (1/6/2024), dikutip dari TribunJabar.id.

Polisi memberinya tiga foto DPO, namun tak ada wajah Pegi Setiawan yang saat ini ditangkap.

“Jadi polisi nunjukin 3 foto sama nama-namanya, tapi nggak ada Pegi Setiawan yang sekarang ditangkap.”

“Yang jelas, foto Pegi yang ditunjukin beda jauh sama yang sekarang ditangkap. Yang ditunjukin itu orangnya bersih, rambutnya ikal,” sambungnya.

Selain itu, Saka yang kini telah bebas mengaku tak mengenal tiga DPO yang fotonya ditunjukkan polisi.

“Polisi nanya, kenal nggak sama foto-foto ini, Saka jawab enggak kenal, kalau Saka enggak kenal kan mau jawab apa. Foto yang dilihatkan ada 3,” terangnya.

Diketahui, Saka Tatal juga membantah terlibat dalam kasus pembunuhan Vina Cirebon meski sudah divonis 8 tahun penjara.

Kakak dari Saka, Jaka, mengatakan adiknya tak dapat memenuhi undangan pemeriksaan yang dilakukan Polda Jabar pada Jumat (31/5/2024) siang.

Jaka menjelaskan keluarganya tak memiliki biaya untuk pergi ke Bandung dan memilih menunggu pemeriksaan dilakukan di Mapolres Cirebon.”Tapi karena keluarga gak punya uang untuk ongkos ke sana, sehingga kami tidak ke sana (Polda Jabar).”

“Tapi kami telah berkomitmen, jika pemeriksaan dilakukan di Cirebon, kami siap. Pihak keluarga juga tadi Saka bilang siap memberi kesaksian, asal di Cirebon,” bebernya, seperti dilansir Tribunnews.com di artikel berjudul Pengakuan Saka Tatal, Pegi Setiawan yang Ditangkap Tak Ada dalam Foto DPO.

Itulah tadi update perkembangan kasus Vina Cirebon terbaru hari ini, Saka Tatal siapa dan kronologi kasus Vina.(Red)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansSuka
12PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles