Serap Hasil Rempah Petani, Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat Raih Penghargaan HKTI

Jakarta,(Cakrayudha-hankam.com) – Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk atau Sido Muncul Irwan Hidayat meraih penghargaan dari Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI).

Irwan mendapatkan penghargaan kategori Pengusaha dengan melakukan Penyerapan Rempah-rempah Menjadi Produk Jamu.

Ketua Umum HKTI, Moeldoko mengatakan pemberian apresiasi tersebut diberikan melalui serangkaian penilaian khusus. Bahkan dirinya turut andil memberikan penilaian kepada para peraih penghargaan.

“Penghargaan ini bukan asal-asalan, ini melalui diskusi panjang. Semua dipaparkan ke saya, kenapa diberikan dan seterusnya,” kata Moeldoko pada acara HUT Ke-50 HKTI di Hotel Discovery Ancol, Jakarta Utara, Rabu (7/6).

Irwan Hidayat mengungkapkan, penghargaan yang diterima sebagai bentuk apresiasi karena Sido Muncul fokus menggerakkan hasil produksi rempah-rempah.

Apalagi perusahaan sedang melakukan penelitian agar rempah-rempah yang dihasilkan lebih bermutu.

“Strategi nanti yang kami lakukan mengupayakan rempahnya itu bermutu dan hasilnya akan kami bagikan lagi kepada petani,” kata Irwan saat ditemui usai acara.

Salah satu yang sedang diteliti yakni tanaman spesies Stevia rebaudiana, asli Paraguay dan Brasil. Stevia merupakan pemanis alami pengganti gula. Namun yang terpenting, kata Irwan adanya off taker dari hasil produksi petani.

“Yang penting ada off taker-nya seperti yang disampaikan Pak Moeldoko tadi, jadi ada pembelinya,” kata dia.

Tak hanya stevia, Sido Muncul juga terus melakukan berbagai penelitian pada rempah-rempah yang ada di Indonesia. Tujuannya, agar hasil produksi petani berkualitas tinggi.

“Kami sedang melakukan penelitian terhadap bahan-bahan rempah jamu supaya kualitasnya unggul sebab kalau biasa-biasa saja ya tidak bisa,” pungkasnya pada awak media mengakhiri perbincangan.(Red)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansSuka
12PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles