Insiden SBY Marah Besar dan Usir Jenderal Bintang 2 di Istana

Jakarta,(Cakrayudha-hankam.com) – Presiden Keenam Susilo Bambang Yudhoyono pernah marah besar ke jenderal bintang dua di Istana Negara. SBY sebagai seorang presiden saat itu, tidak suka kalau suaranya tidak didengarkan.

Mantan Menteri Pertahanan era SBY jilid I, Juwono Sudarsono mengisahkan suatu hari SBY sedang berpidato pada acara resmi. Seorang jenderal bintang dua yang duduk di seberang SBY asyik berbicara sendiri.

Tiba-tiba SBY menghentikan pidatonya dan langsung menegur perwira tinggi tersebut. Marah SBY, kata Juwono yang hadir dalam acara yang berlangsung di istana itu.

“Orang tidak sopan kalau saya, atau orang (lain) sedang bicara, ada side talker yang bicara sendiri,” begitu kira-kira SBY nyeletuk. Setelah itu, orang itu keluar alias diusir. Demikian dikisahkan dalam buku Dari Soekarno Sampai SBY, Intrik dan Lobi Politik Para Penguasa karya Tjipta Lesmana.

Wajah SBY Langsung Merah
Insiden yang mengejutkan di dalam istana itu juga disaksikan oleh Profesor Muladi. Selaku Gibernur Lemhanas, Muladi duduk persis di sebelah Presiden Yudhoyono. Dan cerita Mulyadi tidak jauh berbeda dari cerita yang dituturkan oleh Juwono.

“Dia pidato, langsung mukanya merah. Marah dia!”.

Ketika melampiaskan kemarahannya, menurut Muladi, SBY memang tidak menunjuk langsung. Tapi, setiap orang yang hadir mengetahui siapa yang dimaksud.

Kemarahan SBY
“Orang tidak sopan kalau orang sedang bicara juga ikut bicara! Anda sedang bicara kan saya selalu menghormati. Kalau saya sedang berbicara, tolong dengarkan, jangan bicara sendiri-sendiri, apalagi seorang perwira tinggi,” begitu hardik SBY.

Itulah salah satu perilaku SBY jika marah. Langsung ditumpahkan kepada sasaran yang menjadi objek amarahnya. Wajahnya pun kelihatan sekali: wajah kesal dan kadang merah. Inilah tipikal kepemimpinan Jawa yang santun.

“Kepemimpinan Jawanya kental sekali,” tambah Juwono.(Red)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansSuka
12PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles