Orang Kaya Lampung Dirikan Rumah Makan Berkat Nasihat Buya Hamka

Bandar Lampung,(Cakrayudha-hankam.com) – Berbekal bisnis rumah makan, Haji Dasril St. Bagindo mendapat predikat orang terkaya di Bandar Lampung. Inspirasinya menjalani bisnis rumah makan berasal dari H Abdul Malik Karim Amrullah atau dikenal dengan Buya Hamka.

Dalam satu acara, Dasril bercerita perjalannya mulai berbisnis saat dia merantau dan berjualan pakaian. Namun bisnis berdagang baju dirasa tidak cukup berkembang menurut Dasril.

Hingga satu hari, sekitar tahun 1964, dia bertemu dengan Buya Hamka di Jakarta dan mengutarakan apa yang dirasakan terhadap bisnisnya.

Kepada Buya Hamka, dia bertanya usaha apa yang sekiranya pas untuk dijalani Dasril. Saat itu, Buya Hamka menjawab bahwa setiap orang plesir tentu rumah makan menjadi tujuan yang paling dicari.

Mendengar jawaban itu, Dasril terbesit untuk memulai usaha rumah makan. Namun dia masih ragu. Sebab saat itu, usaha berjualan kecil-kecilan di Jalan Bengkulu, Pasar Mambo, Tanjungkarang, belum cukup kuat untuk membuka rumah makan.

Motivasi Buya Hamka
Namun begitu, Buya Hamka terus memberikan motivasi bahwa dengan membuka rumah makan itu tidak hanya mendapat peluang yang besar, namun juga akan mendapat keberkahan yang banyak, dan terus menerus. Alasannya, setiap akan makan seseorang senantiasa membaca bismillah dan seusai makan membaca alhamdulillah.

Pesan itu kemudian memantapkan Dasril untuk membuka rumah makan. Selangkah demi selangkah, dia akhirnya bisa membuka rumah makan di depan Pasar Bambu Kuning yang diberi nama Begadang.

Dalam waktu yang tidak sebentar, pria yang hanya tamat Sekolah Rakyat di Jambi tahun 1956 tersebut hingga tahun 2018 telah memiliki rumah makan yang ke-6 dalam naungan Begadang Group, yaitu RM Begadang Resto di depan Taman Kota Kupang Telukbetung, Bandar Lampung.

Sosok yang sempat dimasukan dalam lima orang terkaya di Lampung itu juga memiliki Hotel Nusantara Syariah yang bersebelahan dengan Begadang V, di Jalan Soekarno-Hatta, Sukabumi Indah, Bandar Lampung.

Masih ada Restoran Begadang 2 di Jl Diponegoro Enggal, Bandar Lampung, dan Restoran Begadang 3 di jalan Lintas Sumatera, Brantiraya, Natar, Lampung Selatan, serta Restauran Begadang IV di Jl Raya Bakauheni KM 15 Srengsem Panjang Bandar Lampung.(Red)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansSuka
12PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles