test

Gerindra dan PDIP Berebut Dukungan Jokowi di Pemilu 2024, Siapa Dapat?

Jakarta,(Cakrayudha-hankam.com) – Presiden Jokowi masih menjadi magnet perpolitikan Indonesia. PDIP yang mendukung Ganjar Pranowo jadi capres 2024 dan Gerindra yang mendorong Prabowo Subianto maju dalam kontestasi Pilpres 2024 mengklaim mendapat dukungan dari mantan Wali Kota Solo tersebut.

Ketua DPP PDIP, Eriko Sotarduga, mengungkapkan jika dalam rapat kerja nasional (Rakernas) ke-III PDIP Joko Widodo (Jokowi) memberikan masukan hingga membeberkan apa sudah dia kerjakan selama menjabat sebagai presiden. Selain itu, dalam arahan tersebut Jokowi juga menyampaikan dukungan terhadap Ganjar Pranowo sebagai bacapres 2024.

“Tadi menyampaikannya masukan-masukan saja, dan apa yang sudah dikerjakan oleh Presiden Jokowi, dan menyampaikan bahwa beliau sangat mendukung dan mensupport dari Mas Ganjar,” kata Eriko, kepada wartawan, di Sekolah Partai PDIP, dikutip Rabu (7/6).

Hal senada juga diungkapkan Ketua DPP PDIP Nusyirwan Soedjono. Dia mengatakan, jika Jokowi mendukung penuh Ganjar pada Pilpres 2024.

“Oh sangat benar. Kan Pak Jokowi kadernya PDIP, yang sebetulnya itu sudah wajar saja kalau Pak Jokowi memberikan dukungan penuh. Wajar saja, kalau Pak Jokowi memberikan dukungan penuh karena beliau juga kader PDIP,” ujar dia.

Terlebih, kata dia, Jokowi telah menyebut jika Ganjar sudah memenuhi syarat sebagai pemimpin di antaranya memiliki keberanian dan nyali.

“Ya Pak Ganjar itu memenuhi syarat. Bahkan dia tegas menyatakan bahwa Pak Jokowi, eh Pak Ganjar itu berani dan punya nyali. Berani dan punya nyali. Itu ditegaskan oleh Pak Jokowi,” imbuhnya pada awak media.

Dukungan Jokowi untuk Prabowo
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman meyakini arah dukungan politik Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2024 mengarah ke Prabowo Subianto. Alasannya, dukungan itu terlihat dari gestur Jokowi selama ini.

“Kalau saya ngomong pasti saya ngomong iya dong. Anda menanya hal yang enggak perlu ditanyakan. Pasti dong,” katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (7/6).

Dia juga menyimak pernyataan Jokowi soal negara memerlukan pemimpin nasional yang berani. Menurutnya, hal itu jelas mengarah ke Prabowo Subianto.

“Gestur politiknya, pernyataan bahwa kita memerlukan pemimpin nasional yang berani mempertahankan kepentingan bnagsa dan negara. Itu kan jelas jelas arahnya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Habiburokhman disinggung soal dukungan Jokowi ke Prabowo hanya sekadar persepsi. Menurutnya, persepsi tak bisa diukur.

“Anda bisa ngukur persepsi enggak?” terangnya.

“Enggak bisa. Ya udah. Kita juga bisa klaim. Tapi nanti rakyat yang menentukan,” tandas Habiburokhman.

Kubu Anies Ungkit Sempat Jadi Jurkam Jokowi
Sikap Presiden Jokowi yang tidak pernah mengendorse calon presiden (capres) Anies Baswedan ternyata menjadi sebuah pertanyaan. Padahal, sudah beberapa kali Jokowi secara terang mengendorse kandidat lain seperti Ganjar Pranowo sampai Prabowo Subianto.

Menanggapi hal itu, Juru Bicara Anies Baswedan, Sudirman Said pun tak tahu alasannya. Padahal sosok Anies disebutnya bukan orang asing bagi Jokowi dengan sejumlah posisi jabatan yang sempat diembannya mulai dari juru kampanye sampai menteri pada era Jokowi.

“Ini judul beritanya, pertanyaanmu saja itu, yang dijadikan judul berita. Kenapa gitu? Anies itu menteri pertama Jokowi yang berprestasi lo, tidak ada yang bilang Anies tidak berprestasi. Kemudian diberhentikan juga nggak protes,” katanya saat jumpa pers, Rabu (07/06/23).

Bahkan, dia mengungkit saat Anies menjabat sebagai Gubernur DKI juga telah banyak meneruskan program yang dicanangkan saat era Jokowi menjabat sebagai Gubernur. Termasuk, juga turut memberikan kontribusi kepada Jokowi untuk pemerintah pusat.

“Selama jadi gubernur, banyak sekali program Pak Jokowi yang diselesaikan. MRT diselesaikan. Tata kota juga diperbaiki itu juga tidak dilepaskan dari rancangan pak jokowi juga. Dan penyelesaian covid itu juga andalan juga,” tandasnya pada awak media mengakhiri perbincangan.(Red)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansSuka
12PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles