10 Cara Mengatasi Kulit Kepala Gatal, Ternyata Gampang Banget

Surabaya,(Cakrayudha-hankam.com) – Kulit kepala gatal memang bisa jadi hal yang sangat mengganggu. Rasa gatalnya sering bikin susah fokus dan ingin sekali digaruk.

Padahal, mungkin saat itu kamu sedang melakukan berbagai kegiatan yang membutuhkan konsentrasi tinggi, misalnya bekerja atau sedang presentasi di depan klien penting. Kalau sering menggaruk kulit kepala pasti bisa terlihat nggak profesional banget kan?

Kamu termasuk salah satu sering mengalami hal ini? Jangan jadi dilema terlalu lama, yuk temukan cara mengatasinya yang paling ampuh. Ternyata gampang banget dan bisa dicoba sendiri di rumah!

Ciri Kulit Kepala Sehat: Bebas Gatal
Kesehatan kulit kepala jadi hal yang penting untuk menunjang pertumbuhan rambut yang sehat dan kuat. Lalu seperti apa sih ciri kulit kepala yang sehat itu sendiri?

Ada beberapa tanda yang bisa jadi indikatornya, mulai dari tidak terasa gatal, tidak memiliki ketome, bebas jerawat pada kulit kepala, dan rambut bisa tumbuh subur dan berkilau alami.

Kulit kepala yang terasa gatal sendiri sebenarnya hal yang wajar. Namun, kamu perlu waspada jika rasa gatalnya tidak tertahankan atau bahkan tak kunjung hilang. Bisa jadi hal tersebut merupakan tanda kalau ada masalah pada kulit kepala yang harus segera diatasi.

Apa Saja Penyebab Kulit Kepala Gatal?
Jika mengalami masalah gatal pada kulit kepala, hal pertama yang harus dilakukan adalah memahami penyebab kondisi yang kamu alami tersebut. Jadi, kamu bisa menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah yang satu ini.

Secara umum, kulit kepala yang terasa gatal berlebihan bisa disebabkan oleh beberapa hal:
1. Kulit Kepala Kering
Kulit kepala yang kehilangan kelembapan alaminya akan mengalami kondisi kering dan mudah terkelupas 4 kali lebih cepat daripada dalam kondisi normal. Keadaan mengelupas yang cepat ini kemudian memicu iritasi dan rasa gatal pada kulit kepala.

2. Ketombe
Munculnya ketombe juga bisa menyebabkan sensasi gatal yang dialami pada kulit kepala. Ketombe muncul karena pertumbuhan jamur malassezia dalam batas lebih dari normal dan menyebabkan timbulnya serpihan putih di kulit kepala dan rasa gatal yang luar biasa.

3. Penggunaan Produk Hair Styling Berlebihan
Pemakaian produk penataan rambut berlebihan dapat menyebabkan penumpukan di kulit kepala. Jika jarang keramas atau keramasnya kurang bersih, hal ini bisa menyebabkan residu menumpuk yang memicu pori-pori tersumbat sehingga kulit kepala jadi terasa gatal.

4. Kutu Rambut
Kehadiran kutu rambut juga bisa menyebabkan kulit kepala gatal karena kebiasaan berjalan dan mengisap darah yang dilakukan.

Cara Mengatasi Kulit Kepala Gatal dengan Mudah dan Praktis
Setelah memahami penyebab gatalnya kulit kepala yang kamu alami, langkah selanjutnya adalah mulai melakukan perawatan kulit kepala rutin untuk mengatasi hal tersebut.

Beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain sebagai berikut:
1. Hentikan Kebiasaan Menggaruk
Kalau mengalami masalah kulit kepala yang terasa gatal berlebihan, pasti nggak tahan banget buat menggaruknya. Biarpun bisa bikin lega sesaat, tapi sebaiknya hentikan kebiasaan yang satu ini karena dapat memperparah kondisi kulit kepala kamu, lho.

Garukan yang dilakukan ternyata bisa memicu kulit kepala iritasi, lecet, atau malah luka. Bukannya menyembuhkan, malah menambah masalah kulit kepala. Pastinya nggak ingin hal ini terjadi kan? Jadi, cobalah untuk tidak menggaruk kulit kepala saat terasa gatal.

2. Gunakan Shampo Anti Ketombe
Jika masalah kulit kepala yang terasa gatal ini diikuti dengan munculnya serpihan putih, tandanya hal tersebut disebabkan oleh munculnya ketombe. Nah, cara mengatasi rasa gatal yang bisa dilakukan di rumah adalah dengan menggunakan shampo anti ketombe yang memiliki formula ampuh.

Dilansir dari Cosmetic Science And Technology, ada beberapa bahan yang dikenal dapat mengatasi ketombe dengan jitu. Misalnya saja zinc, selenium sulfida, asam salisilat dan sulfur yang dapat membersihkan kulit kepala. Selain itu, ada juga beberapa kandungan antijamur yang bisa jadi andalan seperti zinc pyrithione, natrium xylenesulfonate, dimetikon dan zinc karbonat.

Kenali bahan-bahan apa saja yang dapat membantu mengatasi ketombe untuk mengusir masalah kulit kepala tersebut sehingga terbebas dari rasa gatal yang mengganggu.

3. Perawatan dengan Minyak Alami
Kalau rasa gatal yang terjadi karena kondisi kulit kepala yang kering, maka perawatan dengan minyak alami jadi salah satu solusi yang bisa dilakukan. Misalnya saja dengan melakukan oil treatment menggunakan minyak kelapa yang memiliki sensasi dingin saat bersentuhan dengan kulit. Jadi, dapat membantu menenangkan kulit kepala yang iritasi dan mengelupas. Minyak kelapa juga mengandung zat antibakteri sehingga dapat mencegah pertumbuhan bakteri di area tersebut.

Selain dengan minyak kelapa, kamu juga bisa mencoba tea tree oil yang memang manfaatnya sudah dikenal untuk merawat kesehatan rambut dan kulit kepala. Bahan yang satu ini juga mengandung zat antijamur sehingga sangat baik untuk merawat kulit kepala yang berketombe.

4. Perhatikan Cara Keramas yang Benar
Biarpun sudah menggunakan shampo anti ketombe yang tepat untuk menutrisi rambut, tapi faktor lain yang juga bisa menyebabkan kulit kepala gatal adalah kebiasaan keramas yang salah. Coba cek dulu, sudahkah kamu menerapkan cara keramas yang benar?

Mulailah dari mengatur jadwal keramas, idealnya 3-4 kali dalam seminggu. Terlalu sering keramas bisa mengikis kelembapan alami kulit kepala yang menyebabkan kondisinya jadi kering dan terasa gatal. Selain itu, step by step keramas juga perlu diperhatikan.

Pastikan takaran shampo yang digunakan sudah pas, tergantung dengan banyaknya rambut. Lakukan keramas dari bagian atas dan depan kepala dulu, setelah itu lanjutkan ke bagian belakang dan kepala.

Bilas rambut dengan air minimal 30 detik. Saat membilas, lakukan gerakan sambil menyisir rambut dengan jari agar air bisa membersihkan sisa shampo dengan maksimal. Ingatlah, residu atau sisa shampo yang menumpuk bisa jadi pemicu rasa gatal juga.

5. Manfaatkan Gel Lidah Buaya
Bukan rahasia lagi kalau lidah buaya dikenal dengan manfaatnya untuk kecantikan, nggak terkecuali untuk kesehatan rambut dan kulit kepala.

Saat mengalami masalah kulit kepala gatal, kamu bisa melakukan treatment dengan gel lidah buaya yang dikenal memiliki kandungan antibakteri untuk melawan bakteri yang berkembang biak di area tersebut.

Nggak hanya itu saja, jika mengalami masalah kulit kepala kering dan iritasi, gel lidah buaya juga dapat bekerja dengan menenangkan kondisi tersebut.

Cara mengaplikasikannya mudah banget, ambil gelnya dan usapkan merata pada kulit kepala yang mengalami iritasi. Diamkan selama 10-20 menit, bilas hingga bersih.(Red)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansSuka
12PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles