Danramil Muara Uya Berharap Ini Dapat Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Dukung Pencanangan Kampung Benih Tiung Tanjung

 

Tabalong,(Cakrayudha-hankam.com) – Dandim 1008/Tabalong Letkol Czi Catur Witanto, SIP., M.Si., M.Tr(Han) diwakili Danramil 01/Muara Uya Kapten Inf Suroto bersama dengan Bupati Tabalong Dr. Drs. H. Anang Syakhfiani, M.Si, forkopimda, perwakilan PT Adaro Indonesia, perbankan dan HIPMI Tabalong melaksanakan pencanangan Kampung Benih Tiung Tanjung. Senin (05/06).

Hal ini didasari karena cabai tiung tanjung dapat menjadi salah satu komoditas pilihan yang tidak hanya di Tabalong bahkan pilihan di Indonesia.

“Saya yakin cabai tiung Tanjung ini akan menjadi salah satu cabai pilihan di Indonesia,” ujar Bupati Tabalong H. Anang Syakhfiani.

Perwakilan Direktorat Pembenihan Hortikultara Kementerian Pertanian RI, Noviantika menyampaikan bahwa cabai rawit tiung tanjung merupakan tumbuhan lokal yang berasal dari Tabalong.

Cabai tersebut memiliki keunggulan produksinya yang tinggi serta dengan daya simpan yang sangat lama yakni mulai tujuh hingga 8 hari setelah panen.

“Tabalong secara tradisi memiliki potensi menjadi sentra cabai rawit karena memiliki sumber daya genetik cabai rawit unggul yang sangat potensial dikembangkan, ” katanya.

Diharapkannya, dengan mengembangkan cabai rawit lokal unggulan berpotensi untuk meningkatkan supplai dan ketersediaan cabai rawit di Kalsel, sehingga mampu mengurangi ketergantungan Kalimantan Selatan terhadap produk hortikultura yang selama ini masih di supplai dari Jawa Timur dan Sulawesi Selatan.

Sementara itu Danramil 01/Muara Uya Kapten Inf Suroto mengatakan pihaknya siap mendukung pencanangan cabai tiung agar mampu meningkatkan produksinya di Tabalong dan harapannya dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan bagi masyarakat Tabalong.(Pendim 1008/Red)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansSuka
12PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles