Kuburan Gajah Berusia 5,5 Juta Tahun Ditemukan

Dipenuhi Tulang Induk dan Bayi Gajah

 

Amerika Serikat,(Cakrayudha-hankam.com) – Ahli paleontologi menemukan kuburan gajah berusia 5,5 juta tahun di Florida, Amerika Serikat (AS).

Berdasarkan rilis pada 1 Juni, kuburan itu dipenuhi tulang gomphothere, nenek moyang gajah yang telah punah.

Seperti dikutip media ini dari The Jerusalem Post, Senin (5/6), ahli paleontologi menemukan kerangka utuh sedikitnya satu ekor gomphothere dewasa dan tujuh ekor bayi gomphothere. Gomphothere dewasa memiliki tinggi 2,4 meter, sedangkan kepala dan gadingnya diperkirakan memiliki panjang 2,7 meter.

“Tidak hanya tulangnya jauh lebih besar daripada individu lain yang pernah kami lihat, tetapi tulang-tulang itu benar-benar ada di tempatnya seolah-olah hewan itu baru saja berbaring dan mati,” jelas kurator paleontologi vertebrata di Florida Museum of Natural History, Jonathan Bloch.

Penggalian dimulai pada 2022 setelah seorang relawan menemukan tulang gomphotheres di situs Gainesville.

“Saya mulai menemukan satu demi satu tulang jari kaki dan pergelangan kaki,” kata Dean Warner, sukarelawan yang menemukan tulang tersebut, dalam sebuah pernyataan.

“Saat saya terus menggali, ternyata ditemukan ulna dan radius (tulang lengan panjang).”

“Itu sangat menarik karena ini memberi kami kesempatan untuk tidak hanya melihat seperti apa rupa (gomphothere) dewasa, tetapi juga dengan sangat hati-hati mendokumentasikan setiap tulang dalam kerangkanya,” papar Bloch.(Red)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansSuka
12PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles