Rakernas III PDIP Bakal Ada Kejutan, Pengumuman Cawapres Ganjar?

Jakara,(Cakrayudha-hankam.com) – PDI Perjuangan bakal menggelar rapat kerja nasional (Rakernas) ke-III pada 6-8 Juni 2023 di Sekolah Partai PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta. Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menyampaikan akan ada kejutan dalam rakernas nanti.

“Jadi nanti juga ada element of surprise (di Rakernas)” kata Hasto, saat konferensi pers, di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (05/06/23).

Kendati demikian, Hasto tidak menjelaskan secara detail apakah kejutan yang dimaksud terkait pengumuman cawapres Ganjar Pranowo, atau tidak. Hasto hanya meminta publik menunggu kejutan tersebut.

“Tetapi bagaimana dengan cawapresnya? Masih ada waktu, yang kita ambil kan spirit dari kelahiran Bung Karno ini, yang harus juga dijabarkan dalam visi misi dan agenda strategis ke depan,” ucapnya.

Lebih lanjut, dia menyebut parpolnya adalah partai yang antimainstream dan tidak akan berbicara semata politik elektoral ketika menggelar Rakernas.

“Banyak yang mengatakan PDI Perjuangan ini antimainstream, ketika semua berbicara elektoral, berbicara politik pencitraan, kami kembali pada hal yang pada prinsip bagaimana sejatinya ketika Bung Karno menyampaikan falsafah Pancasila bahwa di dalam Indonesia merdeka itu seharusnya tidak boleh ada kemiskinan,” tegas dia.

Menurut Hasto, tema Rakernas III diusulkan langsung Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri agar negara ke depan tidak boleh main-main terhadap mandat konstitusi.

“Itu juga merupakan bagian yang sangat penting, ketika Ibu Megawati tiba-tiba menginstruksikan kepada saya, ketika laporan kepada beliau, beliau maunya Fakir Miskin dan Anak Telantar Dipelihara Negara, beliau (Megawati, red) menyebutnya sambil terharu.

Ini pun sudah menunjukkan bahwa kita tidak boleh lagi main-main terkait dengan mandat ideologis dan mandat konstitusi,” kata dosen Universitas Pertahanan (Unhan) itu.

Ke depan, kata dia, PDIP bakal terus berupaya meminimalkan kemiskinan di Indonesia. Mereka bersama Bacapres 2024 Ganjar Pranowo akan melanjutkan program pengentasan kemiskinan yang sudah dibuat era Presiden RI Joko Widodo.

“Inilah yang dipercepat oleh PDI Perjuangan bersama dengan Pak Ganjar Pranowo ke depan, karena Pak Jokowi telah meletakkan dasar-dasar yang sangat baik melalui pembangunan konektografi, bahkan Pak Jokowi mengatakan saya akan cawe-cawe agar bonus demografi kita ini tidak sia-sia,” ujarnya.

“Sehingga terjadi loncatan kemajuan, nah, sepertinya PDI Perjuangan yang menangkap hal tersebut. Mana yang lain membela ketika Pak Jokowi dikritik cawe-cawe? Kami maknakan pada hal-hal yang positif, karena kami percaya pada kenegarawanan dari Presiden Jokowi di dalam membangun kemajuan Indonesia Raya,” tegas Hasto menagkhiri perbincangan bersama awak media.(Red)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansSuka
12PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles