LDK Sebagai Sarana Mencetak Pemimpin Bangsa

Wonosobo,(Cakrayudha-hankam.com) – Babinsa Koramil 02/Watumalang Kodim 0707/Wonosobo Serma Sriwiyoko dan Koptu Budi Setyawan menjadi narasumber Bela Negara dan Cinta Tanah Air dalam kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan ( LDK ) OSIS SMPN 1 Watumalang. (27/12/2022)

Serma Sriwiyoko saat memberikan materi Bela Negara dan Cinta Tanah Air menyampaikan sebagai siswa kelak akan menjadi penerus bangsa. Dalam meneruskan tentu banyak sekali halangan dan rintangan yang harus dihadapi. Itu merupakan tugas yang berat dan harus dipikul semua komponen bangsa. Untuk itu sebelum menjadi penerus bangsa harus dibekali ilmu dengan dijiwai rasa bela negara dan cinta tanah air.

“Pada dasarnya meneruskan pembangunan negara seperti saat ini kalian menjadi pengurus OSIS, hanya saja kalau mengurus bangsa permasalahan lebih kompleks dan wilayahnya lebih luas. Kalian semua kelak akan menjadi pemimpin, minimal pemimpin dalam rumah tangga. Untuk itu melalui LDK ini seraplah materi yang diberikan sebagai bekal menjadi pengurus OSIS dan nantinya akan menjadi bekal juga hidup di masyarakat sehingga bisa melaksanakan tugas yang diembannya dengan baik dan lancar” kata Serma Sriwiyoko.

Kegiatan LDK adalah siswa diharapkan mampu menumbuhkan sikap tanggung jawab dan disiplin, menanamkan sikap mandiri, tanggung jawab dan rasa memiliki yang kuat sebagai calon pemimpin dan anggota masyarakat serta memberikan landasan dan filter kepada peserta didik agar tidak mudah ikut-ikutan pada aliran/faham yang radikal dan tidak jelas.

Lebih lanjut disampaikan pelatihan LDK tersebut bertujuan untuk membentuk jiwa siswa yang tanggap, tangguh dan trengginas, serta memiliki keimanan dan ketaqwaan serta mendapatkan bekal pengetahuan kepemimpinan dan kemandirian saat menghadapi masalah dan cara menyelesaikannya.

Riswanto, selaku kepala sekolah menyampaikan terima kasih kepada Koramil Watumalang yang telah memberikan materi dalam acara LDK ini. Dengan mengundang narasumber dari luar maka anak – anak akan beda dalam menerimanya sehingga materi yang diberikan akan lebih mengena.

“Tujuan dilaksanakan LDK untuk memberikan bekal kepemimpinan kepada calon pemimpin yaitu, para anggota OSIS di sekolah-sekolah kali ini di SMPN 1 Watumalang. Sehingga mereka nantinya bisa menjadi penerus bangsa yang bisa diandalkan.” Pungkas kepala sekolah.(Pendim 0707/Red)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansSuka
12PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles