Babinsa Ingatkan Tentang Bahaya Kebakaran Hutan dan Lahan

Komsos Dengan Tokoh Pemuda

 

Pessel,(Cakrayudha-hankam.com) – Memasuki musim kemarau sehingga rawan terjadi kebakaran untuk menghindari hal tersebut Babinsa Koramil 01/Panso Kodim 0311/Pessel Sertu Zulkaedi dan Sertu Efendi melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan masyarakat.

Kegiatan Komsos yang berlangsung di salah satu warung kopi Nagari Tebing Tinggi Kecamatan Tanah Ampek Hulu Tapan dengan tujuan menjalin hubungan yang baik serta memberikan himbauan dan sosialisasi tentang bahaya kebakaran hutan, pada Jumat (26/05/2023).

Dalam keteranganya, Sertu Zulkaedi menjelaskan Salah satu bentuk antisipasi pembakaran lahan yang saat ini sering dilakukan oleh oknum masyarakat ketika membuka kebun dan pertanian yang mana oleh segelintir oknum dianggap lebih mudah/cepat dan hasilnya lebih maksimal dalam bercocok tanam

” Untuk itu, menyikapi hal tersebut, kita terus lakukan himbauan serta edukasi kepada masyarakat guna mencegah terjadinya kebakaran hutan yang lebih parah”, ungkapnya.

Selain itu, Sertu Zulkaedi juga turut memberikan himbauan kepada masyarakat tentang dampak kesehatan yang ditimbulkan dari kebakaran hutan dan lahan.

“Dengan adanya sosialisasi ini warga tidak membuka lahan pertanian dengan cara dibakar serta apabila di lapangan ditemukan adanya oknum masyarakat yang berupaya melakukan pembakaran lahan agar dilakukan pencegahan atau segera dilaporkan kepada pihak terkait, ” ujarnya.

Ia juga menuturkan terus melakukan pendekatan kepada masyarakat untuk mensosialisasikan karhutla di wilayah binaan sebab jika pencegahan ini berhasil tentu tidak perlu melakukan pemadaman.

“Bahkan kami terus mengadakan himbauan kepada masyarakat tentang aturan hukumnya, sehingga masyarakat bisa memahami dari akibat resiko membakar hutan ataupun lahan, ” tutupnya.(Pendim 0311/Red)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansSuka
12PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles