FKBN Bakorda Sidoarjo Menggelar Diklat Bela Negara Batch 1 TP 2022

FKBN Bakorda Sidoarjo Menggelar Diklat Bela Negara Batch 1 TP 2022

Sidoarjo, cakrayudha-hankam.com – Jiwa Patriot dan Cinta Tanah Air Indonesia harus ditanamkan kepada para generasi muda dan seluruh elemen bangsa agar Nation Caracter Building atau Membangun jiwa nasional dan jiwa kebangsaan mendarah daging kepada seluruh rakyat Indonesia, pedoman dan penghayatan Pancasila serta norma – norma dalam adat istiadat, budaya leluhur menjadi suri tauladan dan tuntunan dalam menjalankan kehidupan sehari – hari.

Forum Kader Bela Negara Bakorda Sidoarjo mengelar Diklat Bela Negara TP 2022 selama 3 hari mulai tanggal 5 sampai tanggal 7 Agustus bertempat di Aula Kantor Bakesbangpol Sidoarjo , untuk pembekalan materi. hadir dalam acara tersebut jajaran pengurus FKBN Bakirda Sidoarjo, Dewan Pakar FKBN Jawa Timur Brigjend.TNI.Purn.Aldian Gondokusumo, SE. Kepala FKBN Bakorda Sidoarjo H.Nur Rhokim, ST.SE, Kepala Bakesbangpol Sidoarjo DR.Mustain Baladan, S.PD.I, Ndanramil 02 Candi Kapten.Inf.Siswanto, Danpusgudzeni Kapten.Inf.Pujo, Kompol.Sumariyadi, SH.,M.Si. kesemuanya selain untuk menghadiri sebagai tamu undangan juga sebagai Nara sumber memberikan pembekalan materi bela negara kepada para peserta sekitar 50 orang dari berbagai profesi dan perwakilan lembaga atau organisasi. Minggu ( 7/08/2022 )

Di hari pertama peserta mendapatkan pembekalan materi bela negara, terkait Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta ( Hankamrata ) dan Ideologi , Politik, Ekonomi, Sosial, Budaya Pertahanan, dan Keamanan ( Ipoleksosbudhankan ) konsep – konsep bela negara yang selalu menjujung tinggi nilai luhur Pancasila, kerukunan dalam bermasyarakat, saling toleransi dan berperilaku sebagai manusia yang beradap serta menjadi warga negara yang baik untuk menjalani kehidupan sehari – hari dalam berbangsa dan bernegara.

Kepala Bakesbangpol dalam sambutannya mengatakan ,” Kami sangat mendukung penuh dengan kegiatan bela negara ini karena untuk membangun jiwa patriot dalam membangun Indonesia dan mempertahankan kedaulatan keutuhan NKRI dan dalam membangun ekonomi lebih sejahtera dan makmur sehingga tercipta kehidupan tentram dan damai ,” ujar Mustain.

H.Nur Rhokim, ST.SE Kepala FKBN Bakorda Sidoarjo menyampaikan ,” FKBN Sidoarjo menggelar Diklat Bela Negara angkatan pertama, untuk menjaring kader bela negara agar menjadi generasi pemimpin yang setia kepada bangsa dan negara,” terang Nur Rhokim yang di kenal sebagai pengusaha yang supel dan berderma kepada sesama.

Sementara itu Dewan Pakar FKBN Jawa Timur Brigjend.TNI.(Pur).Aldian Gondokusumo, SE. mengutarakan ,” Kegiatan ini harus selalu ada untuk menumbuhkan dan menggelorakan jiwa patriot bangsa, agar Indonesia kedepan menjadi negara maju, karena kekayaan ragam budaya, sumber daya alam dan sebagai negara maritim yang menjadi lalu lintas perdagangan internasional, serta memiliki peran besar dalam dunia internasional, maka butuh generasi bangsa yang kuat dan tangguh melalui pemahaman bela negara,” tutur Aldian.

” Sebagai negara kepulauan, yang kaya sumber energi dan kaya akan hasil bumi, segala kebutuhan ekonomi internasional ada di negara Indonesia, maka perlu jiwa generasi yang loyal dan mengabdi kepada bangsa dan negara serta jiwa basional yang tinggi, agar kedaulatan dan keutuhan NKRI tetap terjaga, dan bela negara adalah wajib bagi seluruh masyarakat dan elemen bangsa serta menjadi tanggung jawab bersama untuk persatuan dan kesatuan ,” pungkas Brigjend,TNI.(Pur)Aldian mantan Staf Ahli Panglima TNI.

Pada Hari ke Dua peserta mendapat pendidikan baris – berbaris di Markas GUDPUSZI-PUSDIAD Buduran, Sidoarjo, selepas mendapat pelatihan PBB peserta bergeser ke MAKO Brimob Kompi 2 B Pelopor Satbrimobda Polda Jatim, Porong Sidoarjo, untuk mendapatkan pelatihan teori dan praktek menembak di lapangan tembak Mako Brimob, dengan instruktur yang ahli di bidangnya peserta mendapat pemahaman dalam menembak dengan baik dan benar.

Di Hari ke Tiga peserta agenda penutupan dan di hadiri oleh Waasterdam V Brawijaya Letkol.Inf.La Ode M Nurdin beserta Pabandya Komsos V Brawijaya sebaga penyemat PIN bela negara kepada peserta dan brevet menembak, perlu di ketahui acara Diklat ini bersifat Nasional karena para peserta datang dari berbagai penjuru, Surabaya, Sidoarjo, Malang, Mojokerto, Lumajang, Jember, Jombang, Blitar, Depok Jawa Barat, DKI Jakarta, dan dari Sulawesi Selatan.

Dari Lintas Profesi baik perorangan maupun lembaga ataupun kelompok, di antaranya Cakra Yudha Hankam, Pramuka, Ideru, PT.Sina – Sinu, Accesina, Mahasiswa, Relawan Blitar.

FKBN Sidoarjo baru berdiri tahun 2019 dan sudah eksis di berbagai kegiatan yang mendukung program pemerintah dan bersinergi dengan jajaran samping, Bakorda Sidoarjo, adalah cabang dari FKBN Bakorwil Jawa Timur, FKBN di bawah naungan Direktorat Bela Negara Kementrian Kemenhan RI, di bawah divisi Dirjen Potensi Kementrian Pertahanan RI.@ red.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansSuka
12PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest Articles